Senin, 29 Oktober 2012


3 Cara Jitu Mencegah Penularan HIV/AIDS

HIV/AIDs adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling ditakuti saat ini. HIV merupakan penyakit yang hingga kini dianggap pembunuh nomor satu dalam dunia kesehatan. Pada setiap tahunnya sebanyak 8 hingga 10 juta orang lebih telah terinfeksi secara positif HIV/AIDS dan 2 juta orang lebih ODHA meninggal per tahun.
3 tips untuk mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS
Mencegah penularan HIV/AIDS
Angka yang cukup mengerikan, mengingat hingga kini masih belum ditemukan obat yang dapat mengatasi dan mengobati HIV/AIDS secara signifikan. Yang dapat kita lakukan adalah melakukan usaha-usaha pencegahan penularan HIV.
HIV (Human Immunodeviciency Virus) adalah jenis virus yang melakukan penularan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), yaitu sebuah penyakit yang secara perlahan akan merusak kekebalan tubuh seseorang sehingga seseorang yang terjangkiti HIV akan mudah terinfeksi, dan sakit yang tak kunjung sembuh.
Untuk menghindari penularan HIV/ AIDS kita dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

Menghindari kontak darah dengan penderita HIV

HIV/Aids dapat disebarkan melalui kontak darah lewat transfusi melalui tubuh yang terinfeksi HIV dengan tubuh yang sehat. Juga dapat ditularkan melalui luka pada penderita HIV/ AIDS kepada seseorang yang sehat. Oleh karena itu gunakanlah selalu pengaman seperti sarung karet jika Anda berurusan dengan penderita HIV untuk menegah anda tertular virus HIV/AIDS.

Bersikap waspada pada jarum suntik dan alat bedah

Jarum suntik, pisau cukup, obat infus, dapat menularkan virus HIV pada tubuh yang sehat. Sebaiknya Anda menghindari secara waspada penggunaan alat-alat ini pada tubuh Anda. Pastikan bahwa setiap jarum suntik yang masuk pada tubuh Anda adalah steril dan bersih.
Lakukan kewaspadaan dengan beberapa langkah berikut ini.
  1. Gunakanlah jarum suntik sekali pakai
  2. Sterilkan segala peralatan bedah yang akan digunakan
  3. Hindarilah mengkonsumsi narkoba, karena penularan tertinggi adalah lewat jarum suntik yang digunakan dalam aktivitas narkoba
  4. Hindarilah mentato tubuh, apalagi mentato tubuh di sembarang tempat yang tidak bisa dijamin steril dan bersih.

Hindarilah Seks Bebas

Cara terbaik selanjutnya adalah berperilaku sehat dalam melakukan aktivitas seksual. Lakukanlah hanya dengan pasangan resmi Anda, jangan sekali-kali melakukannya dengan orang lain, walapun Anda beralasan telah menggunakan kondom. Hingga kini kondom hanya terbukti sebagai pencegah kehamilan, namun tidak dapat menjaring virus HIV yang sangat kecil dan gesit saat melewati pori-pori kondom yang merenggang. Bersikaplah sehat, dan sayangi diri Anda dan keluarga.
 Suka Artikel Di Atas dan Ingin Mendapat Update Terbarunya?
Silakan berlangganan Majalah Seksualitas Online untuk mendapatkan Artikel dan update terbaru yang dikirim langsung ke email Anda. Caranya MUDAH dan GRATIS yaitu dengan mengetikkan alamat email Anda pada kolom di bawah ini kemudian tekan tombol DAFTAR. Jangan lupa aktivasi berlangganan anda dengan mengklik link konfirmasi yang telah terkirim ke email Anda


Artikel Terkait Lainnya:
  1. HIV AIDS, Obat dan Penanggulangannya
  2. Sunat Cegah Penularan HIV/AIDS
  3. 10 Mitos dan Fakta Seputar HIV dan AIDS
  4. Viagra Sebabkan Tingginya Penularan Penyakit Menular Seksual
  5. Waspadai.. Bahaya Ngeseks Lewat Anus!
  6. Cara Mencegah dan Menunda Kehamilan
  7. Bahaya Seks Oral
  8. 5 Cara Mencegah Kemandulan
  9. Mitos dan Fakta Cara Mencegah Kehamilan
  10. 10 Cara Alami Mencegah Kanker Prostat
Tags: , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar